25 Fakta Menarik Tentang Universitas Oxford


Oxford University atau dalam bahasa Indonesianya disebut dengan universitas Oxford, merupakan perguruan tinggi berbahasa Inggris yang tertua di dunia. Letak universitas ini adalah di kota Oxford, Britania Raya atau Inggris. Sejak abad ke -11, kabarnya perguruan tinggi ini sudah didirikan. Namun sayang, karena kelemahan sejarah dan dokumentasi, hingga kini belum diketahui kapan tepatnya perguruan tinggi bergengsi ini berdiri.
Bersama pesaing terberatnya yang juga berada dalam negara yang sama yaitu University of Cambridge, Universitas Oxford terus mengedepankan prestasi dan kualitasnya dalam dunia akademis. Universitas Oxford pun telah melahirkan banyak sekali orang sukses di berbagai belahan dunia, termasuk diantaranya adalah penerima Nobel yang berjumlah 58 orang. Jumlah yang cukup banyak untuk ukuran penerima hadiah Nobel.
Dibalik kesuksesannya, Universitas Oxford yang memiliki banyak sejarah serta prestasi ini tentu menyimpan banyak sekali cerita unik nan menarik di dalamnya. Kali ini, berkuliah.com akan mengajak kalian untuk menelusuri fakta – fakta menarik dari Universitas Oxford. Yuk, kita simak bersama –sama!
1. Dulunya, Universitas Oxford adalah satu – satunya perguruan tinggi berbahasa Inggris. Namun pada suatu hari, terjadi sebuah kerusuhan antara mahasiswa dengan penduduk kota pada tahun 1209. Kerusuhan ini menyebabkan terpecahnya mahasiswa menjadi dua kubu. Satu kubu tetap bertahan di kota Oxford, satu kubu lagi mengungsi ke kota Cambridge untuk mengamankan diri. Mahasiswa yang mengamankan diri di Cambridge ini pun akhirnya mendirikan ruang belajar sendiri, yang seiring waktu kian berkembang menjadi sebuah universitas besar yaitu Universitas Cambridge.
2. Universitas Oxford memiliki perpustakaan terbesar di Britania Raya dengan koleksi buku yang mencapai 11 juta eksemplar.
3. Bangunan Universitas Oxford sangat unik, megah, klasik dan berkelas. Bangunan bergaya Victoria ini mampu menarik jutaan mata yang menjadikannya ingin berwisata ataupun berfoto – foto di area kampus Oxford.
 

4. Universitas Oxford seringkali menjadi salah satu tujuan wisata bagi pada wisatawan dari luar Inggris. Hal ini dikarenakan bentuk bangunan dan eksistensi kampus Oxford yang menjadi daya tarik bagi para wisatawan.
5. Universitas Oxford adalah universitas yang digunakan sebagai lokasi syuting dari film terkenal Harry Potter. Masa ke masa, waktu ke waktu, dari semua edisi film Harry Potter, menggunakan lokasi universitas ini untuk pengambilan gambarnya.
6. Universitas Oxford memiliki beberapa museum yang memamerkan benda – benda langka, unik dan bersejarah. Museum ini dibawahi oleh lembaga kampus ataupun fakultas yang berkaitan dengan museum tersebut.
7. Universitas Oxford mengedepankan dunia riset dan kerja sama dengan perusahaan internasional. Hal ini menyebabkan lulusan – lulusannya diminati oleh para pelaku bisnis internasional.
8. Biaya kuliah di Universitas Oxford berbeda – beda. Berbeda program studi, tentu berbeda biayanya. Berbeda asal negara, tentu berbeda biaya pula. Begitu juga dengan ruangan kelas yang dipilih, tentu berbeda biaya dalam pembayarannya.
9. Mahasiswa yang berasal dari Inggris dan Eropa mendapatkan kesempatan untuk membayar biaya kuliah yang lebih murah di Universitas Oxford dibandingkan dengan mahasiswa internasional lainnya. Termasuk Indonesia. Untuk mahasiswa internasional, kisaran biayanya dalam setahun pertama adalah £8.000 – £30.000.
10. Universitas Oxford memiliki empat divisi keilmuan yang dapat menjadi dasar bagi lulusannya untuk membangun dunia menjadi lebih baik. Empat divisi tersebut antara lain divisi humaniora (seni, budaya dan bahasa termasuk di dalamnya), divisi matematika, fisika dan ilmu hitung, divisi ilmu kedokteran serta divisi ilmu sosial.
11. Universitas Oxford adalah salah satu inspirasi tim pembuat film Harry Potter untuk membuat konsep sekolah sihir Hogwarts dalam bentuk visual. Tempat yang paling mencuri perhatian siapapun yang menontonnya antara lain Christ Church di Universitas Oxford.
12. Christ Curch adalah gereja di dalam Universitas Oxford. Christ Curch adalah satu – satunya gereja yang tergabung dalam satu gedung dengan kampus.
13. Universitas Oxford pernah mengundang dosen, peneliti dan mahasiswa Indonesia untuk bekerja sama melakukan penelitian di Inggris tentang malaria.
14. Boyband asal Korea, Super Junior atau yang akrab disebut SuJu, pernah memberikan kuliah umum di Oxford University.
15. Universitas Oxford memiliki lembaga pers tingkat universitas dengan percetakan yang terbesar di dunia. Lembaga pers tersebut bernama Oxford University Press (OUP).
16. Universitas Oxford memiliki kurang lebih 38 program studi yang terbagi dalam empat divisi, yaitu humaniora, ilmu kedokteran, ilmu sosial dan ilmu eksak.
17. Kegiatan belajar mengajar di Universitas Oxford pertama kali dilakukan pada tahun 1096. Sungguh bersejarah!
18. Lokasi Universitas Oxford tidak terpusat pada satu lokasi saja. Meski letaknya berbeda – beda sudut, namun lokasi Universitas ini tetap berada di kota Oxford. Jarak antara gedung satu dengan gedung lainnya pun tidak terlalu jauh. Bersepeda adalah salah satu cara untuk menjangkau seluruh gedung kampus. Beberapa gedung tersebut antara lain gedung kampus, gedung departemen, gedung penginapan, dan fasilitas- fasilitas lainnya seperti gedung pertemuan, perpustakaan, dan lain – lain.
19. Menurut Times Good University Guide pada tahun 2013, Universitas Oxford berhasil menduduki posisi pertama sebagai universitas terbaik di dunia selama sebelas tahun berturut – turut.
20. Dengan adanya peringkat tersebut, Universitas Oxford diakui menjadi universitas yang berpengaruh di dunia.
21. Dalam proses penyeleksian mahasiswa di Universitas Oxford, terdapat satu proses yang penting yaitu tahap interview. Pada tahap ini, para dosen atau akademisi akan sengaja menanyakan sesuatu yang  nyeleneh, dan hal itu akan dilakukan untuk memancing kreativitas calon mahasiswa Oxford tersebut dalam berpikir.
22. Moto dari Universitas Oxford adalah dominus illuminatio mea, seperti yang tertera pada logo dari Universitas Oxford. Arti dari moto ini adalah tuhanku, cahayaku.
23. Sebagai perguruan tinggi yang terdapat di negara yang bahasanya menjadi bahasa umum internasional yaitu Inggris, Universitas Oxford tentu berpengaruh besar dalam pengolahan kosa kata, kalimat ataupun bahasa untuk kepentingan dunia. Untuk mewujudkan hal ini, Universitas Oxford mengeluarkan kamus Oxford.
24. Dalam deretan kamus bahasa Inggris, mungkin kita banyak menemui banyak jenis kamus berdasarkan akademi mana yang membawahinya. Perbedaannya memang tidak begitu jauh. Namun, apakah keistimewaan dari kamus Oxford? Ya, seperti halnya Kamus Besar Bahasa Indoensia (KBBI), Kamus Oxford tidak hanya sekedar menerjemahkan arti dari sebuah kata saja, melainkan juga menjelaskan maksud dari padanan kata yang ditunjuk tersebut.
25. Kini, kamus Oxford sudah disediakan dalam bentuk digital. Siapapun bisa mengunduhnya. Nah, hal ini akan memperkaya kosa kata bahasa Inggris kalian. Tertarik? Harus!
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s